Tiga Ciri Organisasi yang Sehat



Seringkali saya ditanya bagaimana agar organisasi bisa berjalan baik? Tentu agar bisa berjalan baik, harus sehat. Layaknya sistem tubuh manusia. Harus sehat, stabil, dan kreatif.

Lantas bagaimana ciri organisasi yang sehat? Setidaknya ada tiga ciri yang menunjukkan sebuah organisasi sehat, dalam arti sistem di dalamnya berjalan baik.

Pertama, organisasi tersebut harus memiliki model rekruitmen yang jelas. Model rekruitmen menunjukkan kualitas anggota. Jika rekruitmentnya baik, selektif, maka yang masuk pun anggota pilihan. Beda dengan rekruitmen yang asal-asalan.

Model rekruitmen dalam beberapa organisasi punya nama yang paten. Ada silabus yang jelas, beserta target apa yang hendak didapat. Seleksinya bisa melalui pendidikan dan pelatihan (diklat).
loading...



Kedua, ada pola kaderisasi yang baik. Pola kaderisasi ini memberikan gambaran pada anggota yang baru masuk, apa saja yang mereka akan kerjakan selama menjadi anggota dan progres apa yang akan mereka dapat.

Kaderisasi bisa berbentuk formal melalui berbagai kegiatan, bisa kultural, bisa juga individual. Beberapa organisasi menerapkan mentoring atau pendampingan sebagai bentuk kaderisasi.

Berbagai program yang dijalankan juga bagian dari pola kaderisasi. Apapun jenis programnya, tergantung jenis organisasinya. Anggota berkesempatan mengasah mental dengan tampil di depan umum, mengasah kemampuan kerjasama, melobi, membangun jaringan, dan lainnya.

Ketiga, organisasi yang baik harus punya pola regenerasi yang jelas. Tidak terpaku pada figur. Ada pola yang dijalankan agar roda kepemimpinan bisa berganti, biasanya melalui sistem musyawarah bersama.

Keberhasilan regenerasi sangat bergantung pada kaderisasi. Jika kaderisasi berhasil, maka regenerasi bisa mulus sebab akan bermunculan calon yang berpengalaman dan siap menggantikan kepengurusan lama.

Karena itu, tiga hal di atas perlu ditata dengan baik agar sistem dalam organisasi itu berjalan maksimal. Jika ketiga sistem itu berjalan lancar, maka sebuah organisasi bisa disebut sehat dan stabil. []

Blitar, 29 Januari 2019
Ahmad Fahrizal Aziz